rel="nofollow"

Penyebaran Pasir Silika di Indonesia, luar biasa !!

Oleh: Pasir Silika 0 komentar
Penyebaran pasir silika di indonesia cukup luas. Kandungan terbanyak berada di kawasan indragiri hulu, indragiri hilir, kampar, dan kepulauan riau. Hingga kini bahan-bahan galian industri inibelum banyak di investigasi rinci terlebih lagi dalam pemanfaatan atau pengusahaannya, padahal sembur daya ini sangat banyak dan cukup baik sebagai bahan baku industri dan keramik.

Penemuan pasir silika ini sebagai hasil penyelidikan kerjasama antara direktorat sumberdaya mineral dengan pemerintah daerah tingkat I khususnya di propinsi Riau di tahun periode 1986 - 1990. Tahapan penyelidikan yang telah dilakukan terdiri dari penyelidikan awal pada skala 1 : 100.000 diseluruh daratan riau dan sebagaian KEPRI.

Penyebaran Pasir silika di Indonesia


Kegunaan pasir silika beraneka ragam antara lain sebagai bahan baku dalam industri gelas, optik, keramik, abrasif, dan koneksi semen portland. Dengan adanya kemajuan teknologi, baik cara dan prosesnya serta penggunaannya, maka bahan galian ini akan semakin penting artinya. Contoh saja seperti di korea bahan keramik dapat digunakan untuk pembuatan beberapa suku cadang kendaraan seperti pelapis penutup tangki minyak, tangki radiator, mesin diesel dan bagian dari roda sepeda.

Wah wah, ternyata negara tercinta kita ini memiliki hasil alam yang sangat menakjubkan ya.. semoga dengan berkah ini, negara kita ini bisa menjadi negara barometer penghasil pasir yang berkualitas tentunya. Pasir silika ini merupakan kekayaan alam Indonesia yang tiada duanya yang merupakan salah satu pemberi andil untuk kemajuan Industri. mungkin itu saja bahasan wacana pada kesempatan kali ini pada judul Penyebaran Pasir silika di Indonesia.
Simple Pustakers