rel="nofollow"

Geologi tambang pasir silika di belitung

Oleh: Pasir Silika 0 komentar
Pasir Silika di belitung akan kita paparkan disini sebagai bagian ilmu geologi yang mempunyai struktur bebatuan yang memiliki mineral yang sangat potensial. Memang kebanyakan dari kita hanya tau jenis pasirnya saja, karena pasir silika bukan hanya dari belitung saja, melainkan ada juga jenis yang terdapat di kalimantan dan malang (jawa timur).

Fisiografi pulau belitung dari barat ke timur terdiri dari geantiklin barisan, kaki-kaki perbukitan, muka pegunungan dan perbukitan bergelombang serta daratan aluvial. Geantiklin barisan terbentuk oleh batuan malihan pra-tersier dari kelompok tapanuli, kelompok peusangan, serta batuan gunung api tersier kuarter. Batuan malihan dibeberapa tempat diterobos oleh granit dan granodiorit.

Geologi tambang pasir silika di belitung ini, merupakan bagian kaki perbukitan dan muka pegunungan yang umumnya dihuni oleh batuan sedimen tersier dari kelompok kampa, pematang dan petani. Sebagian batuan sedimen ini diterobos oleh batuan sedimen tengah. Formasi petani ini umumnya berasosiasi dengan lapangan-lapangan minyak bumi.

Dataran aluvial holosen plistosen ditempati oleh endapan sungai, endapan pantai, dan rawa-rawa gambut. Daerah belitung mempunyai konorsi yang berbeda dengan geologi riau daratan. Kepulauan ini merupakan bagian paparan sunda kelanjutan dan semenanjung malaya dan terus sampai ke pulau bangka di sumsel. Pulau-pulau ini teruatama terbentuk oleh batuan sedimen permokarbon dan granit berumur yang mengandung timah.

daeah kepulauan belitung merupakan cekungan di tengah sumatera. Struktur ini membentuk 2 cekungan akibat orogenesa yang terjadi pada mesozoikum tengah. Itulah beberapa informasi mengenai wilayah bebatuan di pulau bangka belitung. Permintaan pasir ini sangat tinggi karena kualitas jenis pasir yang lebih baik. Terima kasih.


Simple Pustakers